Category: Komputer


Tips Komputer Rakitan

Bagi para beginer seperti saya hehe.. , maaf baru bisa-bisaan (kalau ada saran tirima kasih) ternyata bingung juga untuk masalah membangun komputer pribadi atau PC Desktop, kenapa? karena keinginan yang selangit tak terpenuhi oleh cekaknya dana hahahaha…. Am I Right..!?

Berdasarkan pengalaman saya, ketika teman-teman saya meminta bantuan saya untuk merakitkan sepaket PC, pasti mereka bilangnya begini, “eh.. tolongin dong mau beli komputer nih, kalo bisa yang sudah P4, (padahal sekarang udah nyampe core i7 tuh, kok pasti pada nanya P4 ya’..?) yang ini yang itu.., tapi jangan yang mahal-mahal ya’ hehe….” di akhir pembicaraan selalu saya bilang begini, “Ehem.., begini saja, alokasi dananya berapa..? itulah yang bakal kita maksimalkan untuk kita belanjakan peripheralnya, baru kita rakit.”  Nah dari situ mulai saya jelaskan begini begitu…, akhirnya ya kita jadilah hunting harga kemudian kita pas-pasin sama budget temen saya, beli, rakit, jadi deh..

Nah.. itu tadi tips pertama untuk masalah harga, yang kedua usahakan kita sewaktu memilih masing-masing komponen harus yang saling mendukung, syukur-syukur bisa untuk update kedepannya, misal kalau sekarang sudah cenderung trend memory adalah DDR3 ya usahakan cari yang platform yang sudah DDR3 biar nanti pilihan upgradenya mudah. (Berdasarkan pengalaman.., tiap kali ada teknologi baru, maka lama-kelamaan teknologi lama akan mulai di stop produksinya sehingga susah dicari dan harganya membumbung tinggi) Hal ini terjadi pada memory jenis DDR1 yang sekarang sudah agak jarang dan mahal, saat ini yang sedang trend adalah DDR2 dan mungkin akan segera digantikan oleh DDR3. Untuk jenis prosesor pun sama, baik Intel maupun AMD, yang mulai mengganti jenis socketnya.

Ketiga, sebelum mebangun PC, kita tentukan kita mau membangun PC yang untuk apa..? Sekedar mengetik saja..? Multimedia standard+Game ringan..? Atau High end Gaming..? Dari sinilah nati kita tentukan komponennya, ingat ada harga ada performa.. hehe..

Keempat, pilih merk yang sudah terpercaya atau sudah lama berkecimpung di dunia komputer.. kalau pun ada tawaran yang bagus dari merek baru coba di lihat secara seksama kualitas fisiknya maupun garansi serta servicenya.

Berikut alamat web yang berisi info harga peripheral komputer :

Semoga teman-teman dapat terbantu… 😉

Wah tak terasa udah hampir 5 bulan ini RTnet ku udah berdiri dan kemarin pada bulan November terkena musibah… ckckck… alat-alatku pada rusak semua tanpa sebab… 🙁

Malam itu aku masih bisa Online bersama teman2 satu RT.. paginya pas mau liat updatetan FB kok ga bisa, padahal Wifi udah konek, sinyal bagus, apa ada yg salah… setelah ku cek utility WRT54GL ku ternyata tidak konek ke modem ADSL.. wah wah wah kenapa ini…? Usut punya usut ternyata konektor RJ45 bagian internet WRT54Glku ga respon sama sekali… ternyata Switch Hub linksysku juga kena… duh.. pas mo nyoba modem ADSL secara tersendiri e… ternyata juga ga mau ngasih IP ke kompieku.. padahal udah tak set ke DHCP. Akhirnya semua alatku dinyatakan rusak… wah aku bingung gimana nih biar bisa segera online mengingat teman2ku butuh juga. Setelah dirapatkan akhirnya setuju untuk menggaransikan WRT54Glnya dan beli alat lain lagi..

dsl520bsd208

Kali ini aku memilih modem Dlink (yg dulu sih Tp-Link) terus switch hub masih tetep pake Linksys. Dua barang itu sudah menghabiskan Kas RTnet sebesar 550rb. Tak sabar menanti garansi WRT54GLnya maka kami sepakat membeli baru lagi WRT54GL, nanti kalau yg lama berhasil garansinya maka bisa jadi cadangan. Setelah nyari2 di Semarang, tanya sana sini… “mas ada WRT54GL ga..?”, mas nya jawab…” wah pesen dulu mas… jarang yg nyariin soalnya” wah duh kelamaan kalo pesen dulu.. lagian harganya juga mahal menurutku (saya perkirakan paling mahal 700rb untuk di semarang, kalo di Jogja mah gudangnya alat networking jadi ya murmer disana tp males ke jogjanya). Ide terakhir yaitu ke SCC (simpanglima computer centre) disana banyak sekali toko komputer… , setelah puter2 selantai lima plaza matahari itu, akhirnya ada satu toko yg ready stock dan harganya juga menurutku cocok.. aku tebus 690rb. Setelah dirumah langsung aku cek kemudian aku upgrade firmware nya menjadi DDWRT… hahaha.. alasan utama aku menggunakan AP+Router ini adalah kemampuannya untuk diupgrade firmwarenya ke DDWRT (dengan firmware ini kita bisa melakukan peningkatan power radionya, bisa macem2lah yg berhubungan dgn routing yg advance walopun masi ada yg kurang) alasan kedua ku adalah dengan WRT54GL ini aku ga perlu server yg on 24 jam untuk melayani rasa haus bandwith teman2 se RTku.. sehari aja traficknya bisa nyampe 1,5Gb padahal cuma 7 orang (pada donlot apaan sih ini…).

wrt54gl

Wah setelah on semua kembali Online n pada balas dendam rupanya.. hahaha.. semalem suntuk onlen mulu.. O iya… WRT54Gl ini aku padukan dengan antena omni sehingga daya pancarnya bisa lebih jauh daripada pakai antena bawaannya.  Jadi klienku bisa pada onlen dalam linkup seRt baik di dalam maupun diluar rumah mereka tanpa tambahan alat (kecuali WiFinya lho hehehe..) sekian bagi2 infonya dulu, silahkan kalo ada komen.

Skip to toolbar